Wednesday, August 12, 2015

Resep Sambal Bajak 'ngga pake bersin'

 
copascara.blogspot.com - Resep sambal bajak kayaknya sdh banyak di share di Cookpad ya...kali ini saya coba share lagi dgn resep a la saya dan tips sup...selengkapnya

Bahan-bahan
50 gram cabe merah besar
50 gram cabe rawit
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sachet terasi @ 5 gram (potong2 kasar)
1 sdm gula merah atau gula pasir
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
2 lembar daun jeruk
Secukupnya minyak goreng (sesuai kebutuhan)

Langkah

Potong kecil2 cabe besar, bawang dan kemiri.
Lalu kukus semuanya bersama dgn cabe rawit hingga layu.

Ulek atau blender hingga halus berikut terasi juga dimasukkan. Kalau di blender beri sedikit air (jgn gunakan minyak utk memblendernya). Gitu juga jika menghaluskannya secara manual, ulek spt biasa ( kalo yg ini ngga usah di kasih air).

Masukkan hasil blend atau ulekan ke dalam wajan (kalau hasil ulekan, baru di beri air secukupnya). Tumis hingga airnya berkurang (jd menumisnya tanpa minyak....). Gunakan api sedang cenderung kecil...

Apabila air mulai menyusut baru ditambahkan minyak sedikit demi sedikit dulu sambil terus-menerus di aduk. Masukkan juga daun jeruk, air asam, garam dan gula.

Teruskan menumis sambil juga ditambahkan sisa minyak sedikit2. Penambahan minyak dapat dilakukan berulang2 sampai di dapat hasil yg diinginkan. Jd menambahkannya juga sedikit2 aja..

Tumis hingga berubah warna menjadi lebih gelap. Ini tandanya sambal sudah mulai matang dan bisa langsung di angkat dari api. Tapi kalo mau sambal yg lebih berminyak, bisa tambahkn lg minyak dan teruskan menumis hingga matang.

Pemakaian minyak goreng disesuaikan dengan kebutuhan, jd ngga bisa ditentukan takarannya.

Jadilah sambal bajak 'ngga pake bersin'...orang rumah ngga ikut2an menanggung derita akibat 'ulah' kita hihihii.....

Tumisan sambal bisa ditambahkan dgn 1 lembar daun salam dan 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja. Di resep tuh ngga pk krn mmg lg ngga ada.

No comments:

Post a Comment